gam 10
Forum komunitas pengguna napza dengan jelas mengetahui bahwa berbagai persoalan politik dan ekonomi global terkait kebijakan napza adalah hal mendasar sebagai akar penyebab yang berdampak buruk pada berbagai aspek sosial, ekonomi, budaya, dan kesehatan secara global.

1. Adanya dominasi Negara Adidaya melalui kesepakatan-kesepakatan internasional dan regional untuk menekan negara-negara Asia Pasifik dalam mengarahkan kebijakan Napza;

2. Kesepakatan internasional yang dibuat berdasarkan kepentingan politik ekonomi negara-negara tersebut menjauhkan pemakaian Napza dari konteks sosial budaya Asia Pasifik.

3. Dampak terburuknya adalah pemenjaraan, pemerasan, penyiksaan, penyalahgunaan wewenang oleh aparat negara kepada rakyat (pelanggaran HAM) atas nama pengendalian Napza

4. Maka, kami Pengguna Napza se-Asia Pasifik dengan ini menyatakan untuk reformasi kebijakan Napza:
a. Terutama menuntut pembenahan kesalahan dalam Konvensi PBB tahun 1961 tentang Obat-obat Narkotika sehingga menghormati HAM dan konteks budaya setempat.
b. Menuntut pemerintah untuk mengambil tindakan serius untuk mengubah peraturan perundangan saat ini yang sekedar melarang menjadi peraturan perundangan yang menghormati pengguna napza sebagai manusia setara

5. Kami menuntut kepada pemerintah se-Asia Pasifik untuk bertanggungjawab terhadap penyediaan layanan publik yang terkait Napza sehingga menjadi layanan yang berkesinambungan, sesuai dengan budaya dan kebiasaan setempat.

6. Kelompok Pengguna yang terorganisir harus membangun aliansi dengan gerakan-gerakan sosial-politik setempat sebagai basis akar rumput yang bersatu melawan kampanye hitam “Perang terhadap Narkoba”

Bali, 8 Agustus 2009


128 Pengguna Napza,
13 Negara di Asia Pasifik

(Tayangan Video di website resmi ICAAP 9, silahkan klik http://www.icaap9.org/community.php?id_community=4&id_ref_community=1 dan foto-foto kegiatan silahkan klik http://www.flickr.com/photos/9thicaapgallery/sets/72157622016786514/)

2 comments :

kei mengatakan...

Saya korban Napza hanya ingin melanjutkan sisa hidup dengan pemulihan sebagai bagian terpenting dalam hidup agar bisa pulih dan menggapai tujuan ke 2,3,4...yang positif.
Pemerintah harus lebih peduli pada korban NAPZA

Diki mengatakan...

Sangat setuju sekali dengan Kei, ada tujuan primer: prioritas di diri sendiri untuk pemulihan dan tujuan skunder: kepedulian terhadap permasalahan korban napza. Jika kedua hal ini dapat berjalan, gerakannya bisa dahsyat.....

Posting Komentar