gam 10Liputan6.com, Buenos Aires: Mahkamah Agung Argentina menetapkan hukum baru berkaitan dengan kepemilikan ganja, Selasa (25/8), waktu setempat. Aturan yang cukup mengejutkan ini berisi tentang ketentuan memperbolehkan seseorang menggunakan daun ganja secara pribadi dalam jumlah kecil. Pihak MA mengatakan langkah ini diambil untuk melindungi privasi seseorang yang tidak memiliki niat mengganggu ketertiban dan tidak merugikan pihak lain.

Bagi sebagian masyarakat Argentina, hal ini merupakan sebuah kemenangan. Namun MA menegaskan peraturan ini tidak bisa dianggap sebagai izin legal mengkonsumsi ganja secara berlebihan.

Keputusan ini dikeluarkan MA Argentina empat hari setelah Mexico melegalkan kepemilikan sejumlah narkotika seperti heroin, ganja, dan kokain. Lewat putusan tersebut, warga Mexico dapat dengan bebas memiliki lima gram ganja, lima ratus miligram kokain, dua gram opium, dan lima puluh miligram heroin tanpa takut dijerat hukum.(VIN)

(Sumber : http://berita. liputan6. com/luarnegeri/ 200908/241968/ Argentina. Legalkan. Kepemilikan. Ganja)

gam 10
Weleh..Ganja di Argentina Halal

Buenos Aires (beritajatim. com) - Pengadilan tertinggi Argentina menghalalkan konsumsi pribadi mariyuana alias daun ganja dengan alasan tidak merugikan orang lain. Duh! Apa jadinya jika semua negara seperti Argentina?

Hakim pengadilan itu mengatakan aparat pemerintah melanggar UU jika menangkap dan menghukum pengguna mariyuana yang mengkonsumsinya secara pribadi. Putusan ini keluar setelah polisi menangkap lima pemuda yang kepergok membawa lintingan mariyuana.
"Setiap orang dewasa berhak menggunakan mariyuana secara pribadi tanpa campur tangan pemerintah. Tindakan pribadi legal selama tak menimbulkan bahaya, pemerintah tidak boleh membuktikan moralitas," ujar Hakim Ketua Ricardo Lorenzetti, seperti dikutip BBC, Rabu (26/8/2009).

Pengadilan beralasan penggunaan mariyuana secara pribadi tidak menyakiti atau merugikan orang lain. Hakim juga menegaskan, bahwa putusan itu bukan berarti melegalkan penggunaan narkoba dan tindakan kriminal yang terkait.
Pemerintah pun mendukung putusan ini. Bahkan Kongres Argentina dengan senang hati akan memperkenalkan amandemen baru itu. Namun para aktivis antinarkoba ramai-ramai menentangnya.

Sejumlah negara Amerika Latin seperti Venezuela, Ekuador, dan Kolombia telah lebih dulu menetapkan UU yang sama. Demikian pula Meksiko, yang bertujuan membuat aparat fokus memerangi penjahat narkoba kelas kakap ketimbang mengurusi kasus-kasus kecil. [kun]

(Sumber : http://www.beritaja tim.com/detailne ws.php/4/ Hukum_&_Kriminal/2009- 08-26/43456/ Weleh..Ganja_ di_Argentina_ Halal)

Tanam Ganja Skala Kecil Legal di Argentina

Pemilikan tanaman ganja dalam skala kecil di Argentina diijinkan. Demikian Mahkamah Agung di Buenos Aires. Menurut MA menghukum orang yang memiliki ganja dalam jumlah kecil bagi penggunaan pribadi tidaklah mendasar.

Dengan demikian vonis tahun 2006 terhadap delapan pemilik beberapa batang pohon ganja dicabut. Pemerintah Argentina meminta MA meneliti kasus itu lebih lanjut. Ketimbang mengejar para pengguna ganja, pemerintah ingin lebih banyak menggunakan dana untuk memerangi penjualan obat terlarang.

(Sumber : http://www.hetnieuw s.nl/tanam- ganja-skala- kecil-legal- di-argentina)

Argentina Perbolehkan Konsumsi Pribadi Ganja

Jakarta, RMOL. Selama tidak menyakiti atau merugikan orang lain, konsumsi pribadi mariyuana bagi orang dewasa dinyatakan halal.

Demikian putusan pengadilan tertinggi Argentina yang dibacakan Hakim Ketua Ricardo Lorenzetti. Putusan ini keluar setelah polisi menangkap lima pemuda yang kepergok membawa lintingan mariyuana atau ganja.

"Setiap orang dewasa berhak menggunakan mariyuana secara pribadi tanpa campur tangan pemerintah. Tindakan pribadi legal selama tak menimbulkan bahaya, pemerintah tidak boleh membuktikan moralitas," ujar Hakim Ketua Ricardo, seperti dikutip dari BBC, Rabu (26/8).

Hakim juga menegaskan, bahwa putusan itu bukan berarti melegalkan penggunaan narkoba dan tindakan kriminal yang terkait. Putusan ini mendapat dukungan dari pemerintah Argentina. Bahkan Kongres Argentina dengan senang hati akan memperkenalkan amandemen baru itu.

Tak hanya di Argentina, sejumlah negara Amerika Latin seperti Venezuela, Ekuador, dan Kolombia telah lebih dulu menetapkan UU yang sama. Namun para aktivis antinarkoba ramai-ramai menentangnya. [wid]

(Sumber: http://www.rakyatme rdeka.co. id/internasional /2009/08/ 26/6816/Argentin a-Perbolehkan- Konsumsi- Pribadi-Ganja)

Argentina legalkan kepemilikan ganja

BUENOS AIRES - Mahkamah agung Argentina menetapkan hukum baru berkaitan dengan kepemilikan ganja, tadi pagi. Aturan yang cukup mengejutkan ini berisi tentang ketentuan memperbolehkan seseorang menggunakan daun ganja secara pribadi dalam jumlah kecil.

Pihak MA mengatakan, langkah ini diambil untuk melindungi privasi seseorang yang tidak memiliki niat mengganggu ketertiban dan tidak merugikan pihak lain.

Bagi sebagian masyarakat Argentina, hal ini merupakan sebuah kemenangan. Namun MA menegaskan peraturan ini tidak bisa dianggap sebagai izin legal mengkonsumsi ganja secara berlebihan.

Keputusan ini dikeluarkan MA Argentina empat hari setelah Mexico melegalkan kepemilikan sejumlah narkotika seperti heroin, ganja, dan kokain. Lewat putusan tersebut, warga Mexico dapat dengan bebas memiliki lima gram ganja, lima ratus miligram kokain, dua gram opium, dan lima puluh miligram heroin tanpa takut dijerat hukum.

(Sumber : http://www.waspada. co.id/index. php?option= com_content&task=view&id=47735&Itemid==)


gam 10


Argentina Legalkan Pemakaian Ganja untuk Konsumsi Pribadi
Kamis, 27 Agustus 2009
Ingin Polisi Fokus Narkoba Skala Besar


Saat Amerika Serikat (AS) melipatgandakan upayanya untuk memberantas narkotika dan obat-obatan terlarang, negara-negara Amerika Latin justru sebaliknya. Menyusul Meksiko, Selasa (25/8) lalu Argentina juga melonggarkan perundangan narkoba di negerinya.
JPNN, Beunos Aires
---

’’Setiap warga negara yang sudah dewasa bebas menentukan gaya hidup mereka tanpa perlu campur tangan pemerintah,” terang Mahkamah Agung (MA) Argentina dalam pernyataan tertulis seperti dilansir Reuters kemarin (26/8). Berdasar alasan tersebut, lembaga hukum tertinggi Argentina itu mengamandemen undang-undang narkobanya. Kini, pemakaian ganja dalam jumlah kecil demi kesenangan pribadi, tidak lagi melanggar hukum.

Kendati demikian, tidak berarti para pemakai narkoba bisa sembarangan mengonsumsi barang yang diharamkan oleh sebagian besar masyarakat internasional itu. “Mereka (para pemakai) diperbolehkan mengonsumsi ganja asal tidak menimbulkan bahaya (bagi orang lain),” tekan Ketua MA Ricardo Lorenzetti kepada BBC. Dia juga menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa memantau bahkan mengurusi moralitas warganya.

Kemarin (26/8), pemerintah menyatakan dukungannya terhadap kebijakan MA tersebut. Dalam waktu dekat, Kongres Argentina pun bakal mengesahkan amandemen itu. Menghindari konflik dengan kubu konservatif dan Gereja Katolik Argentina, MA menegaskan bahwa pencabutan status kriminal terhadap pengguna narkoba tidak akan serta merta diberlakukan. Ada beberapa konsekuensi yang disertakan dalam amandemen itu.

“Dalam amandemen delapan halaman itu, tercantum kebijakan komprehensif untuk menindak tegas penyelundupan narkoba,” lapor koresponden BBC di Buenos Aires, Candace Piette. Pemerintah juga memerintahkan MA meninjau kembali undang-undang kepemilikan narkoba. Sebab, dalam amandemen tersebut, MA tidak mencantumkan jumlah maksimal kepemilikan ganja yang dianggap legal.

Dosen ilmu kriminal University of Buenos Aires, Elias Neuman, menyambut baik keputusan MA yang didukung pemerintah tersebut. Dia menyebut amandemen undang-undang tentang narkoba itu sebagai kemajuan. “Lewat perubahan itu, definisi bandar (narkoba) menjadi lebih jelas,” ujarnya. Data terbaru pemerintah menunjukkan bertambahnya penggunaan ganja sebanyak 6 persen dari 2004 hingga 2006.

Sebaliknya, kebijakan MA itu direaksi negatif Asosiasi Anti-Narkoba Argentina. Sebab, dilegalkannya penggunaan ganja untuk kepentingan pribadi akan langsung berdampak pada gaya hidup dan kesehatan masyarakat. “Perdagangan ganja akan meningkat. Padahal, mereka yang kecanduan tidak bisa mendapatkan perawatan medis,” ujar Direktur Asosiasi Anti-Narkoba Argentina Claudio Izaguirre.

(Sumber : http://batampos. co.id/Internasio nal/Internasiona l/Argentina_ Legalkan_ Pemakaian_ Ganja_untuk_ Konsumsi_ Pribadi.html)


7 comments :

Anonim mengatakan...

atas nama negri ini, indonesia juga wajib melegalisasikan ganja, demi kesejahteraan, keadilan serta kebebasan berwarga negara...

banirisset mengatakan...

Beuuhhh... Ini baru artikel muantebbb...

Crucifix mengatakan...

buckz..lah..!!

U..Yeahhh..

aRcliff mengatakan...

enak banget.. tp ntar efeknya pembodohan bagi generasi muda.. teler mulu bawaannya

Abdul mengatakan...

Pembodohannya yang seperti apa ya?, memang sudah tahu betul tentang fakta ganja?.

Anonim mengatakan...

sudah seharusnya ganja legal di indonesia.

Ganja dengan segala manfaatnya, sayang jika di negara indonesia ini tidak di legalkan, mengingat tanah indonesia yang sangat subur,

Ganja bukan "NARKOTIKA" Keluarkan ganja dari golongan Narkotika.

Salam Damai
Fallasky

EJA mengatakan...

mantab!!!

Posting Komentar