gam 10Pada tahun anggaran 2009 ini, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur membantu beberapa kelompok peduli Napza dan HIV-AIDS di Jawa Timur dengan beberapa item bantuan. Menurut Drs. Hargandono, Msi yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial, bantuan ini terdiri dari beberapa item yaitu bantuan selter atau rumah singah, KUBE - kelompok usaha bersama, nutrisi dan dana terbatas yang bersifat stimultan. Bantuan ini di tujukan langsung kepada penerima manfaat yaitu kelompok yang telah memiliki status HIV.

Selain hal tersebut, Dinas Sosial provinsi Jawa Timur dalam periode tahun mendatang berkonsentrasi pada pendampingan kasus-kasus HIV dengan pendekatan manajemen kasus. Pelatihan yang telah di selenggarakan di UPT rehabsos di kota Batu telah memberikan pengayaan materi kepada kurang lebih 40 orang yang berasal dari lembaga/kelompok peduli HIV untuk meningkatkan kualitas pendampingan pada orang yang telah terinfeksi HIV.

EJA pada pertemuan sosialisasi bantuan ini menyambut respon pemerintah ini dengan memberikan apresiasi positif bahwa hal ini merupakan bentuk nyata dari salah satu dinas merespon isu Napza dan HIV-AIDS, mengingat respon ini seharusnya dapat di ikuti oleh dinas-dinas terkait yang lain. Pada kesempatan tersebut, EJAmenyampaikan bahwa selama ini korban napza tidak hanya mempunyai masalah kesehatan, namun aspek yang lainnya pun seringkali menjadi permasalahan yang tidak kunjung habisnya. Hal ini tidak terkecuali pada wilayah sosial yang berdampak sulitnya mantan pengguna napza untuk memperoleh lapangan pekerjaan terlebih jika mempunyai status ganda yaitu terinfeksi HIV. Sehingga permasalahan yang didasari atas diskriminasi ini menutup ruang bagi korban napza untuk berkarya maupun mendapatkan penghasilan ekonomi layaknya orang pada umumnya.

Bantuan Dinas Sosial Jawa Timur
EJA pada akhir tahun ini memperoleh bantuan kelompok usaha bersama berupa perlengkapan warung. Bantuan warung ini merupakan harapan bagi korban napza untuk dapat menunjukkan eksistensinya bahwa mereka dapat bermanfaat. Eksistensi ini juga dapat di jadikan sebagai indikator bahwa mereka merupakan bagian dari masyarakat dan layaknya melakukan usaha sebagai masyarakat pada umumnya. Pendirian warung ini berlokasi di kota Surabaya yang bertempat di jalan Irian Barat no 7. Dalam pelaksanaan teknis warung ini, EJA berafiliasi kerjasama dengan AfterCare untuk dapat menjalankan roda usaha ini bagi pemberdayaan ekonomi korban napza. Warung ini tidak hanya berfungsi sebagai warung pada umumnya, namun warung ini juga akan memberikan informasi terkait adiksi/kecanduan, Napza, HIV dan kesehatan repoduksi secara baik dan benar tanpa melakukan kampanye hitam yang seperti selama ini dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Pemberian informasi ini berupa leaflet maupun brosur-brosur yang dapat di ambil oleh para penggunjung warung.

Disisi lain, bantuan yang tidak kalah pentingnya adalah bantuan seperangkat perlengkapan selter untuk kesekretariatan EJA yang berupa perabotan rumah. Hal ini sangat bermanfaat sekali, mengingat selama ini jika terdapat rekan-rekan dari luar kota yang ingin berobat maupun melakukan perawatan lanjutan di rumah sakit daerah yang berada di kota Surabaya, terkadang di haruskan di tunda ke-esokan harinya. Hal ini tentunya sangat berguna bagi rekan-rekan di daerah untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini ini. Selain itu, kegunaan selter ini juga dapat di jadikan tempat singah bagi rekan-rekan korban napza yang telah berstatus HIV dalam mengembalikan kondisi tubuhnya terkait kesehatan maupun dampak-dampak lain yang di timbulkan, baik pasca maupun pra mengakses layanan tersebut.

Informasi terbuka
Dengan adanya bantuan ini, EJA bersedia memberikan update perkembangan maupun inventaris barang bantuan secara berkala sebagai rasa bentuk pertanggungjawaban publik maupun kepada pemberi dana yaitu Dinas Sosial Jawa Timur. Sekaligus, EJA membuka ruang bagi korban napza untuk dapat mengakses dan memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya dengan dapat di pertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.

Selter Sekretariat EJA
Jl Bratang Binangun 5B no 7 Surabaya, tlp 031-5055749

(Sumber : Rudhy Sinyo)

0 comments :

Posting Komentar