gam 10NY – Hillary Rodham Clinton mewakili pemerintahan amerika serikat pada hari kamis (11/3) mengeluarkan laporan yang berisi catatan-catatan mengenai praktik dan masalah hak asasi manusia yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2009. Pelaporan tentang HAM di Indonesia itu terangkum dalam Laporan Praktek HAM 2009 yang disusun oleh Departemen Luar Negeri AS.

Menurut sumber Antara, laporan yang dikeluarkan dapat dijadikan sebagai dasar terkait perencanaan kebijakan diplomatik, ekonomi dan strategis Amerika Serikat terhadap negara-negara tersebut di tahun berikutnya," kata Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton di Washington DC pada peluncuran "2009 Country Reports on Human Rights Practises" itu.

Secara keseluruhan, menurut pemerintah amerika bahwa Indonesia dinilai telah menghormati hak asasi warga negaranya dan menegakkan kebebasan sipil. Akan tetapi dilihat dari berbagai sisi masalah sepanjang tahun 2009, Indonesia masih memiliki serangkaian catatan diantaranya adalah pembunuhan oleh pasukan keamanan, praktek main hakim sendiri; kondisi penjara yang kejam; kekebalan hukum bagi petugas penjara dan pejabat-pejabat lainnya; dan korupsi dalam sistem peradilan.

Menurut informasi yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri AS bahwa laporan mengenai praktek HAM di Indonesia disusun berdasarkan berdasarkan informasi dari kedutaan-kedutaan dan konsulat AS, pejabat tinggi pemerintah asing, organisasi non-pemerintah dan internasional serta laporan-laporan yang telah diterbitkan.

Mengenai laporan lengkap tentang praktek HAM 2009 di Indonesia dapat dilihat di situs Deplu AS
http://www.state.gov/g/drl/rls/hrrpt/2009/eap/135992.htm.

(Sumber: http://www.antaranews.com/berita/1268353450/as-keluarkan-laporan-soal-ham-di-indonesia)

1 comments :

Jangkar mengatakan...

asik...bakal makin bnyk uang dari amerika...

Posting Komentar