PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA :Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Timur Pradopo mengatakan banyak anggota keluarga yang menjadi korban para bandar narkoba tidak melapor. Mereka beranggapan melapor merupakan aib.

"Banyak anggota keluarga yang engan dan malu melapor ke polisi hal ini merupakan aib," ujar Kapolda pada sambutan acara Pelatihan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) yang didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Norman Marciano, Panglima Komando Operasi TNI AU Marsekal Madya, Eddy Suyanto, di Mapolda, Rabu (4/8/2010).

Jelas Kapolda, laporan anggota masyarakat itu penting dalam memerangi perederan narkoba yang sudah sangat mengkuatirkan di Indonesia khususnya di Jakarta.

"Di dalam UU Narkoba No 35 Tahun 2009, sudah jelas mana yang korban, pengedar dan bandar," ujar Kapolda.

Lebih jauh Kapolda mengatakan anggaran untuk melakukan penyelidikan di wilayah hukum Polda Metro Jaya sangat terbatas, sementara kasus-kasus narkoba meningkat terus.

"Kita hanya punya anggaran 250 kasus perbulannya, sedangkan kasus narkoba di Jakarta sebulannya 650 kasus," ungkap Kapolda.

Disarankannya kepada peserta Penyuluhan Pelatihan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) untuk berperan memberikan penjelasan bahaya narkoba di lingkungan satuan kerjanya dan di dalam keluarga.

Sementara itu Pangdam Jaya Mayjen TNI Norman Marciano mengatakan, ancaman penyalahan narkoba di Indonesia khususnya di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan, para bandar sudah membuat kartel-kartel untuk mengedarkan narkoba.

"Korbannya tidak melihat profesi, pekerjaan, jenis kelamin dan strata sosial," ujar Pangdam

Diharapkan dengan pelatihan tersebut, para anggota TNI dan Polri bisa menekan ruang gerak para pengedar di Jakarta.

Ditambakan Pangdam, pihaknya konsisten terhadap anggotanya terlibat didalam penyalahgunaan narkoba. "Sudah banyak yang kita pecat yang main-main dengan narkoba," tegas Pangdam.

Acara Penyuluhan Pelatihan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) diikuti puluhan anggota TNI dan Polri. (joy)

0 comments :

Posting Komentar