Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo merasa bangga atas diperolehnya setifikat ISO 9001:2008 oleh dua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jatim, yakni Lapas Klas IIB Banyuwangi dan Rutan Klas IIB Kraksaan.

Pernyataan itu disampaikan Gubernur ketika mendampingi Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar pada acara peresmian Law and Human Rights Center di Kantor Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jatim, Jl. Kayoon Surabaya, Jumat (29/7).


Menurut Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim, penyerahan Sertifikat ISO 9001 : 2008, merupakan perwujudan dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik, yakni memanusiakan manusia (para napi). “Tetapi jangan sampai hal ini menjadikan masyarakat senang masuk penjara, karena mereka mendapatkan pelayanan yang baik dan mempunyai pekerjaan selama menjalani masa tahanan,” kata Pakde Karwo.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar saat meresmikan Law and Human Rights Center mengatakan, tujuan diresmikannya Law and Human Rights Center adalah untuk memberi layanan informasi kepada masyarakat tentang hukum dan HAM. Pelayanan akan dibuat satu pintu untuk informasi hukum, lembaga pemasyarakatan atau tahanan, dan pelayanan paspor imigrasi, semacam pelayanan satu atap atau Samsat. “Law and Human Rights Center merupakan wujud komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik tentang permasalahan hukum dan HAM kepada masyarakat,”cetus Patrialis.

“Dewasa ini masih banyak penyelenggaraan pelayanan publik yang belum sesuai dengan kebutuhan dan perubahan diberbagai bidang kehidupan bermasyarakat, yang disebabkan oleh ketidaksiapan untuk menanggapi terjadinya transformasi nilai yang berdimensi luas serta berdampak pada masalah pembangunan yang kompleks. Law and Human Rights Center inilah yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, serta membantu pemerintah dalam upaya menyusun peraturan daerah, yaitu dalam pengharmonisasian dan sinkronisasi peraturan perundang-undangan ditingkat pusat maupun daerah,”lanjutnya.

Dalam acara tersebut Menteri Hukum dan HAM didampingi Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Sihabudin dan Pakde Karwo menyerah buku tanbungan kepada 6 napi berasal dari Lapas Madiun, Lapas Pamekasan, Lapas Porong, Lapas Malang dan Rutan Klas I Surabaya. Masing-masing Lapas diwakili 1 orang kecuali Lapas Porong diwakili 2 orang. Ke 6 napi tersebut merupakan warga binaan rutan atau lapas yang telah menjalani 75 persen masa tahanan mereka dan dalam persiapan bebas, telah dipekerjakan dalam waktu yang cukup lama di dalam kompleks rutan atau lapas.

Pemberian buku tabungan tersebut merupakan bagian dari program pemasyarakatan dalam bentuk pemberian kesempatan kepada sejumlah narapidana untuk bekerja di perusahaan dan akan mendapatkan upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk tabungan pemerintah bekerjasama dengan BRI.

Selain acara di atas, diadakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM dengan beberapa pihak. Pertama, MoU dengan Rektor, Tim Penggerak PKK, Ketua LBH, Kepala Stasiun RRI Surabaya tentang Program Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Hukum, HAM, Agama Islam, Ilmu Psikologi, Konsultasi Hukum, Pelayanan Komunikasi Masyarakat, Dokumentasi dan Informasi Hukum serta Kesadaran Hukum.

Kedua, MoU dengan Pondok Pesantren tentang Program Penelitian dan Pengkajian Pengembangan Ilmu Agama Islam Untuk Wrga Binaan Pemasyarakatan. Ketiga, MoU dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Non Pemerintah tentang Program Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Penularan HIV dan Dampak Buruknya, Program Kesehatan Reproduksi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan serta Program Penanganan Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum. Terakhir, MoU dengan Mitra Usaha Lapas/Rutan tentang Program Peningkatan Pembinaan Kemandirian Napi di Lapas/Rutan.

Rangkaian acara kunjungan MenkumHAM di Jatim diakhiri dengan meresmikan Desa Sadar Hukum, dengan ditandai penandatanganan Prasasti Kelurahan Sadar Hukum; Penyerahan Piagam Penghargaan Anugerah Sasana Anubhawa kepada Gubernur Jatim, Walikota dan Bupati, serta penyerahan Medali Anugerah sasana Anubhawa kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa. (Humas Setda Prov. Jatim/Diwa/Irawan foto).

(Sumber:http://birohumas.jatimprov.go.id/index.php/tentang-kami/struktur-organisasi/512-gubernur-bangga-lapas-di-jatim-peroleh-iso-90012008)

0 comments :

Posting Komentar