Surabaya ( Berita ) : Sebanyak 312 anggota TNI/Polri di Jawa Timur terlibat kasus penyalahgunaan narkoba selama kurun 2005-2010, karena itu Polda Jatim melibatkan 218 perwira TNI/Polri dalam pencegahan kasus itu.

Hal itu dikemukakan Direktur Ditreskoba Polda Jatim Kombes Pol Jan de Fretes di hadapan perwira TNI/Polri dalam pembukaan pelatihan Perwira Penyuluh P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di Mapolda Jatim di Surabaya, Rabu [27/10].


“Ada 10.328 kasus narkoba di Jatim selama 2005-2010,” katanya dalam pelatihan yang dibuka Kepala Biro Personel Polda Jatim Kombes Pol Djamaludin dan dihadiri Aspers Kodam V/Brawijaya Letkol TNI Marsudi itu.

Ia mengatakan 312 dari 10.328 kasus narkoba itu melibatkan anggota TNI/Polri, karena itu pihaknya perlu melakukan langkah pencegahan dengan melibatkan para perwira yang diharapkan menjadi penyuluh bagi lingkungan sekitarnya. “Kalau tahun ini (2010) tercatat 1.697 kasus hingga September dengan jumlah tersangka sebanyak 226 orang, namun anggota TNI/Polri yang terlibat selama Juli-September hanya 13 orang,” paparnya.

Saat membacakan sambutan Kapolda Jatim Irjen Pol Badrodin Haiti, Karo Personel Polda Jatim Kombes Pol Djamaludin menyatakan, pemberantasan narkoba memang bukan hanya tanggung jawab Polda Jatim. “Karena itu, kami melakukan sinergi dengan TNI, karena TNI itu juga berperan penting dalam pemberantasan narkoba di Jatim,” ucapnya menjelaskan.

Menanggapi hal itu, Aspers Kodam V/Brawijaya Letkol TNI Marsudi mengaku bahagia dengan pelibatan anggota TNI dalam pemberantasan narkoba di Jatim. “Paling tidak, kami dapat mengerahkan anggota Babinsa (bintara pembina desa) untuk membantu polisi dalam mempersempit peredaran narkoba,” ujarnya.

Apalagi, internet telah memudahkan akses peredaran narkoba yang juga dapat mengancam anggota keluarga TNI/Polri. “Yang jelas, kami sendiri tidak mengerti ilmu tentang narkoba, karena itu penyuluhan secara spesifik dari Polda Jatim menjadi hal yang sangat penting,” katanya. (ant )

(Sumber:http://beritasore.com/2010/10/27/312-tnipolri-jatim-terlibat-narkoba-selama-2005-2010/)

0 comments :

Posting Komentar