MEJACOM (Methadone Jagir Community) merupakan suatu komunitas yang terbentuk sebagai wadah positif dan beranggotakan teman-teman PENASUN (Pengguna NAPZA Suntik) yang sedang mengikuti terapi substitusi di PTRM (Poliklinik Terapi Rumatan Methadone) Puskesmas Jagir. 

Tujuan awal terbentuknya MEJACOM pada November 2009 berasal dari aspirasi teman-teman PENASUN, yang mana sebagai individu membutuhkan suatu komunitas atau wadah sebagai Pengontrol dan pengendali perilaku; Membentuk rasa solidaritas senasib dan kekeluargaan dan; Keinginan untuk dapat mengembangkan kreatifitas agar dapat mandiri dan berdayaguna.

Dalam mendukung program pemerintah di pelaksanaan penggurangan dampak buruk Napza yang tertuang dalam Strategi Rencana Aksi Nasional maupun Daerah, terdapat butir perlunya penciptaan lingkungan kondusif dalam seluruh rangkaian pelaksanaan program.

Maka atas dasar itu, komunitas kami mengadakan kegiatan pada tanggal 18 Februari 2013 yang berbentuk BAKSOS ( Bakti Sosial ) dengan tema “INTRODUCING MEJACOM BY CHARITY” kepada + 30 warga kurang mampu dan tukang becak di sekitar Puskesmas Jagir berupa pakaian bekas layak pakai dan sembako, yang mana saat ini sudah terkumpul 30 kantong plastik besar baju bekas layak pakai, 60 kg beras, 30 kg gula pasir, 30 liter minyak goreng refill dalam bentuk sachet.

Kegiatan ini dilakukan agar komunitas kami dapat berkonstribusi dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah dengan tujuan agar terdapat tercipta lingkungan kondusif di sekitar layanan, sekaligus upaya ini ditujukan untuk mengurangi / menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap PENASUN yang selama ini terjadi. Adapun tujuan kami melakukan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
  • Mengenalkan lebih jauh tentang keberadaan komunitas kami kepada masyarakat di lingkungan sekitar komunitas kami berada. 
  • Upaya mengurangi / Menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap PENASUN. 
  • Memperat persaudaraan antar sesama korban NAPZA serta menjalin kerjasama dengan pihak layanan / Puskesmas, LSM, Stakeholder dan Pemerhati NAPZA. 
Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari Puskesmas Jagir, Yayasan ORBIT, EJA Surabaya, Yayasan Bina Hati, dan SUM 2 serta rekan-rekan pemerhati lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu

Kontak Person: 
Koordinator Mejacom: Hendra 081216183515
Follow @ Metadhon Jagir

0 comments :

Posting Komentar