SURYA Online, SURABAYA - Lebih dari 50 orang yang berasal dari East Java Action (EJA) menggelar aksi demonstrasi di halaman depan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Selasa (25/6/2013).

Demonstran yang semuanya mantan pengguna narkoba ini menuntut pemerintah untuk mengakhiri kriminalisasi hukum terhadap para pengguna narkoba. Koordinator aksi Abdul Aziz menjelaskan, aksi kali ini menuntut lima poin terkait tindakan aparat hukum terhadap pengguna narkoba.

"Kami menuntut juga terkait Surat Edaran Jaksa Agung (SEJA) yang secara terstruktur mengatur jelas terkait penempatan pecandu narkoba adalah rehabilitasi," paparnya kepada SURYA Online, Selasa (25/6/2013).

Poin ketiga, tentang dikeluarkannya peraturan Kepala Kepolisian RI tentang penyalahgunaan serta penanganan narkoba dan HIV.

Selain itu, EJA juga meminta agar upaya penanggulangan dampak buruk penggunaan narkoba berbasis bukti dan program yang efektif. "Yang terpenting, pemerintah juga meningkatkan pemahaman lebih baik serta hilangkan stigma dan diskriminasi terhadap kami," tegasnya.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2013/06/25/eja-minta-stop-kriminalisasi-hukum-pada-pengguna-narkoba

0 comments :

Posting Komentar