Surabaya - Puluhan pecandu narkoba yang tergabung dalam Persaudaraan Korban Napza Indonesia menggelar aksi damai di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Selasa (25/6/2013).

Mereka menuntut pemerintah untuk mengakhiri kriminalisasi dan hukuman bagi pengguna narkotika di Indonesia. Menurut mereka, sampai saat ini masih banyak para korban Napza di Indonesia yang mendapat vonis penjara.

Padahal, vonis yang mereka jalani 90 persen adalah penjara bukan rehabilitasi. "Hal demikian bukan tidak mungkin para pecandu napza ini akan selamanya menjadi sapi perah bagi aparat penegak hukum!" teriak Korlap Aksi, Abdul Azis.

Dalam aksinya, massa yang datang dari berbagai daerah ini menuntut perubahan hukum, serta kebijakan yang berpihak kepada orang yang menggunakan narkotika.

"Ketidakmampuan negara menyediakan layanan kesehatan bagi pengguna narkotika merupakan bentuk pelanggaran HAM!" imbuh Abdul.

Para pendemo yang mengenakan kaos "Dukung! Jangan Menghukum!", membawa poster yang bertuliskan "Jaksa Masuk Neraka! Eksekusi Pidana Pecandu Korban Napza!".

 Sumber: http://news.detik.com/read/2013/06/25/145018/2283665/466/korban-napza-minta-pemerintah-tidak-penjarakan-pengguna-narkoba

0 comments :

Posting Komentar