surabayanews.co.id – Kasus narkoba memang masih menjadi polemik di masyarakat bahkan eksekusi mati yang dijadikan solusi akhir terkait penyalahgunaannya, masih dirasa perlu pengkajian ulang. Penggiat lembaga swadaya masyarakat merasa hukuman eksekusi mati patutnya jangan dulu dilaksanakan di negara Indonesia. Faktanya eksekusi mati tak berpengaruh signifikan dalam menurunkan angka kejahatan narkotika. Masih ada opsi lain dengan menghukum terpidana tanpa harus dieksekusi.

Berbeda pandangan dengan pendapat banyak pakar hukum pidana maupun hukum internasional. Rudi Sinyo, penggiat aktivis jaringan anti korupsi Empowerment and Justice Action (EJA), serta LSM yang fokus pada jaringan NAPZA Jawa Timur ini. Menuturkan kejahatan narkotika jangan digeneralisasikan dan harus diselesaikan dengan langkah hukuman berat eksekusi mati sebagai produk akhirnya.

“Masih ada solusi lain selain eksekusi mati bagi kejahatan tindak pidana penyalahgunaan narkotika,” kata Rudi Sinyo, penggiat LSM anti narkoba.

Seperti dengan memberikan hukuman maksimal 20 tahun atau penjara selama lamanya bagi terpidana, mungkin opsi ini bisa dijadikan sebagai salah satu jawaban. Menurutnya hukuman tersebut diharapkan dapat menjadikan yang bersangkutan lebih baik dan tidak mengulangi perbuatannya kembali. Aparat penegak hukum dapat memaksimalkannya dengan menggali informasi mengenai gembong-gembong narkotika lainnya, sehingga hal tersebut malah akan menjadi manfaat.

Ketegasan perlu dilakukan namun harus tetap menghormati Hak Asasi Manusia (HAM). Eksekusi mati yang telah dilakukan sejak tahun 2004 lalu, dan telah mengeksekusi mati 13 warga negara asing serta 1 warga negara indonesia, dirasanya belum berpengaruh signifikan dalam mengurangi tindak kejahatan ini. Faktanya kejahatan narkotika sampai saat ini tidak turun namun malah meningkat. Tak tanggung-tanggung kejahatan ini telah menyasar seluruh lapisan masyarakat, dan ini yang harus menjadi koreksi dalam pandangan teman-teman penggiat LSM anti narkotika. (gus/rid)

Sumber:  http://surabayanews.co.id/2015/03/13/19280/eksekusi-mati-bukan-solusi-tepat-kasus-narkotika.html

0 comments :

Posting Komentar