Malang (Antara Jatim) - Kota Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini segera menjadi pusat rehabilitasi bagi pecandu narkoba untuk wilayah Jatim karena kota itu dinilai cukup tenang, sehingga tepat sebagai lokasi rehabilitasi.

Wali Kota Malang, Moch Anton, Senin mengungkapkan pada tahun ini pembangunan gedung untuk rehabilitasi bagi pecandu narkoba tersebut bisa direalisasikan. Untuk lahan (lokasi) pembangunan gedung, Pemkot malang menyediakan lahan seluas 3.000 meter persegi di Kecamatan Kedungkandang.

"Anggaran pembangunan gedungnya dikucuri dana dari kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp12 miliar dan lahannya merupakan tanah aset meilik Pemkot Malang. Mudah-mudahan tahun ini sudah terealisasi dan nantinya menjadi pusat rehabilitasi bagi pecandu narkoba di wilayah Jatim," ujarnya.

Selama ini, katanya, pecandu narkoba di Jatim, jika melakukan tahapan dan proses rehabilitasi pasti dikirim ke luar wilayah Jatim. Oleh karena itu, keberadaan tempat rehabilitasi bagi pecandu narkoba di Jatim sangat mendesak.

Menyinggung proses dari rencana pembangunan gedung rehabilitasi bagi pecandu narkoba tersebut, politisi PKB itu mengatakan saat ini sudah dalam tahapan penyelesaian keadministrasian untuk persiapan lahannya. "Harapannya, tahun ini sudah terealisasi, apalagi Kota Malang ini cukup kondusif dan lokasinya juga cukup tenang, sehingga cocok sebagai lokasi rehabilitasi dan terapi bagi pecandu narkoba," tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang, AKBP Hennry Budiman, mengatakan Kota Malang cukup rawan dalam peredaran narkoba, terutama di kalangan pelajar karena berdasarkan data dari BNN pada akhir 2014 tercatat ada 700 pelajar yang menjadi pecandu narkoba. Rata-rata usia pelajar yang menjadi pecandu narkoba mulai usia kelas 1 SD hingga usia setingkat SMA.

Hennry mengatakan pelajar tersebut kebanyakan mengkonsumsi pil koplo. "Mereka awalnya hanya ingin coba-coba, namun tidak sedikit yang disebabkan oleh faktor pergaulan. "Untuk mengantisipasi sekaligus meminimalkan peredaran narkoba di kalang pelajar, kami akan sering melakukan razia dan tes urine bersama Dinas Pendidikan (Disdik) setempat," katanya.

Beberapa waktu lalu, ketika Kota Malang dipimpin Wali Kota Peni Suparto, juga digagas tempat rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Namun, bukan dengan mendirikan gedung tersendiri, melainkan ada satu lokasi atau ruang khusus yang ditempatkan di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemkot Malang yang bakal dioperasikan pada April mendatang.(*)

Sumber: http://www.antarajatim.com/lihat3/berita/153146/kota-malang-jadi-pusat-rehabilitasi-pecandu-narkoba

Lihat lokasi Kecamatan Kedungkandang Kota Malang klik DISINI

0 comments :

Posting Komentar