Jakarta, Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol sebelum makan. Padahal hal ini bisa membuat nafsu makan meningkat.

Efek lainnya, rasa kenyang menjadi sulit dikenali dan berat badan pun bisa naik dengan mudahnya. Bahkan menurut sebuah penelitian terbaru, paparan alkohol dapat mengubah respons otak terhadap aroma makanan dan meningkatkan asupan kalori.

"Meskipun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penyebab hubungan keduanya, namun kami menemukan bahwa alkohol dapat membuat aroma makanan menjadi lebih menarik. Akibatnya nafsu makan pun meningkat," tutur William J.A Eiler II, PhD, penulis utama studi tersebut, seperti dikutip dari Fox News, Senin (24/8/2015).

Ya, dalam penelitian yang melibatkan 35 wanita ini para responden menerima alkohol dan sebagian lainnya menerima plasebo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta yang diberi minum minuman beralkohol makan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak.

Eiler menyebutkan bahwa meskipun sudah ditemukan adanya hubungan antara kedua hal ini, namun pihaknya akan melakukan penelitian lebih lanjut guna menemukan apa yang menjadi penyebab adanya keterkaitan di antara keduanya.

Oleh sebab itu, ada baiknya mulai saat ini Anda mengurangi asupan minuman beralkohol jika memang ingin berat badan tetap terjaga. Sebab studi yang baru-baru ini dilakukan oleh peneliti dari Harvard University menemukan bahwa minum minuman beralkohol setiap hari, meskipun hanya satu gelas kecil, dapat meningkatkan risiko seorang wanita untuk terkena kanker.

Risiko ini bahkan meningkat sekitar 13 persen, seperti telah dipublikasikan dalam British Medical Journal.

(Sumber:http://health.detik.com/read/2015/08/24/133017/2999568/1410/kebiasaan-minum-alkohol-tanpa-disadari-bikin-nafsu-makan-meningkat-lho)

0 comments :

Posting Komentar